Entri Populer

Sunday, March 27, 2011

Bahasa Program Ruby

Tahukah anda apa itu Ruby? Ruby adalah bahasa program yang sangat populer, bahasanya cantik dan artistik. sebagian ada yang mengatakan Ruby praktis dan mudah. Ruby diciptakan oleh seorang ilmuwan jepang bernama YUKIHIRO MATSUMOTO, beliau menggabungkan beberapa bahasa favoritnya seperti perl, smaltalk, eiffel, ada dan lisp untuk membentuk bahasa baru yang seimmbang antara pemrograman fungsional dan imperatif. Ruby pertama kali diliris pada tahun 1995 dan terus berkembang hingga tahun 2006 Ruby mulai diterima oleh banyak orang.

Ruby adalah bahasa program yang fleksibel, karena dapat diubah-ubah dengan bebas. hal ini dikarenakan Ruby mencoba untuk tidak membatasi kreatifitas progammer. Ruby jarang menggunakan tanda baca dan cenderung menggunakan keyword bahasa inggris, hanya beberapa tanda baca untuk memperjelas kodenya. Ruby kaya akan fitur, adapun kelebihan dari bahasa program Ruby yaitu
1. sintaks sederhana
2. memilki exception headling yang baik
3. bahasa pemrograman berorientasi objek
4. mengusung konsep singgel inheritance
5. open source
6. memiliki garbage colector yang otomatis menghapus informasi yang tak terpakai

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai bahasa pemrograman Ruby, di posting selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit juga tentang bahasa pemrograman yang lain. semoga yang saya tuliskan disini menjadi inspirasi buat teman-teman untuk lebih giat mempelajari bahasa program.

No comments: